Konsep Jaringan Komputer

on Jumat, 19 April 2013

Konsep Jaringan Komputer



Jaringan komputer (computer network) atau sering disingkat jaringan saja adalah hubungan dua buah komputer atau lebih yang bertujuan untuk melakukan pertukaran data dan sumber-sumber perangkat lain seperti perangkat lunak, perangkat keras dan bahkan berbagi kekuatan pemrosesan.
Berikut adalah penjelasannya bahwa jaringan bermanfaat untuk Sharing Resources atau berbagi sumber daya seperti:
  • Data ---- pertukaran informasi (voices, video, data, graphics, etc)
  • Software ---- untuk berbagi program atau aplikasi-aplikasi
  • Hardware ---- untuk berbagi printer, modem, scanner, CD/DVD-ROM drive, hard disk, dan peralatan hardware yang lain.
Klasifikasi Jaringan Komputer

      Ditinjai dari rentang geografis yang dicakup oleh suatu jaringan, jaringan dibagi menjadi 3 jenis yaitu :

  • LAN (Local Area Network) merupakan jaringan komputer yang mencakup ruang lingkup kecil seperti satu gedung, atau beberapa gedung yang berdekatan. LAN umumnya menggunakan media transmisi berupa kabel (UTP, kabel koaksial, ataupun serat optik). Namun bisa juga tidak menggunakan kabel disebut sebagai wireless LAN (WLAN) atau LAN tanpa kabel. Jaringan LAN memiliki jumlah komputer yang saling terhubung kurang lebih 100 komputer dalam jangkauan kurang dari 100 feet.
  • MAN (Metropolitan Area Network) merupakan jaringan yang mencakup area satu kota dengan rentang sekitar 10-45 Km. metode yang sama dengan LAN namun daerah cakupannya lebih luas seperti satu RW, beberapa kantor yang berada dalam satu komplek yang sama, satu kota, bahkan satu provinsi. Jaringan ini uumnya menggunakan media transmisi dengan mikrogelombang atau gelombang radio. Namun ada juga yang menggunakan jalur sewa (leased line).
  • WAN (Wide Area Network) merupakan Jaringan yang mencakup satu kawasan, satu negara, satu pulau, bahkan satu benua. metode yang digunakan WAN hampir sama dengan LAN dan MAN. contoh WAN adalah jaringan yang menghubungkan ATM (Anjungan Tunai Mandiri).
 

  • INTERNET adalah interkoneksi jaringan-jaringan komputer yang ada di seluruh dunia. Koneksi antar jaringan komputer dapat dilakukan berkat dukungan protokol yang khas, yaitu IP(Internet Protocol).
TIPE JARINGAN  
  • Peer-to-Peer Menyatakan model jaringan yang memberikan kedudukan yang sama terhadap semua komputer. Tak ada yang bertindak sebagai server ataupun client secara eksplisit. Oleh karena itu tidak ada media penyimpanan yang bersifat global; dalam arti dipakai oleh sejumlah komputer. pada model ini dua komputer dapat terhubung secara langsung tanpa bergantung pada server. model ini lebih murah ketimbang client-server, tetapi lebih efektif jika komputer yang terhubung tidak lebih dari 25 buah. karena semakin bertambahnya komputer maka semakin melemahnya kerja jaringan.

  • Client-Server (Server based) merupakan suatu model jaringan yang memiliki client dan server. Client bertindak sebagai peminta layanan yang berupa data atau perangkat keras seperti printer, sedangkan server adalah komputer yang bertindak untuk melayani permintaan client. Beberapa fungsi server yaitu file server, web server, print server, dan mail server. Biasanya server memiliki processor yang cepat, memori yang besar, dan extra peripherals.

  • Hybrid merupakan kombinasi dari jaringan Peer to peer dan Server. pengguna dapat membagi "resource" yang dimiliki ke pengguna lain seperti pada jaringan server-based.
Topologi Jaringan

  • Bus --- Pada topologi ini semua simpul (umumnya komputer) dihubungkan melalui kabel yang disebut bus. kabel yang digunakan adalah kabel koaksial. Jika seorang pemakai mengirimkan pesan ke seorang pemakai lain maka pesan tersebut akan melalui bus. setiap komputer perlu membaca alamat dalam pesan. Kelemahan pada topologi  ini jika kabel bus putus maka semua tidak terhubung, jika kabel utama sangat panjang dan terdapat gangguan, pencarian penyebab masalah menjadi sangat sulit, kemudian jika banyak komputer dan mengirim pesan akan sering terjadi tabrakan sehingga mengakibatkan kecepatan pengiriman data menjadi berkurang. kelebihan instalasi mudah dan biaya murah.

  • Star --- Pada topologi ini terdapat komponen sebagai pusat pengontrol. Semua komputer hendak berkomunikasi selalu melalui pusat pengontrol. Pusat pengontrol berupa hub atau switch. Kelebihan topologi bintang: Mudah dikelola dan dihubungkan (penyebab kegagalan mudah untuk diketahui) dan kegagalan pada sebuah komputer tidak berpengaruh pada seluruh jaringan. Kelemahan: jika pusat pengontrol mengalami kegagalan maka akan menyebabkan jaringan keseluruhan. dan jika pusat pengontrol berupa hub (bukan switch), kecepatan transmisi menjadi lambat.

  • Ring --- Topologi ini mirip dengan topologi bus. Informasi dikirim oleh sebuah komputer akan dilewatkan ke media transmisi, melewati satu komputer ke komputer berikutnya. Kelemahan terletak pada kegagalan salah satu komputer, jika salah satu mengalami kerusakan/kegagalan maka semua hubungan akan terputus. Tetapi jika kegagalan terjadi pada salah satu komputer Bus tidak mempengaruhi simpul yang lain.
  • Tree --- Topologi ini memiliki beberapa tingkatan node. Node terpusat yang lebih tinggi tingkatannya dapat mengatur simpul lain yang lebih rendah tingkatannya. Data yang dikirim perlu melalui pusat terlebih dahulu. Keunggulan: Dapat membentuk suatu kelompok yang dibutuhkan setiap saat. contoh, perusahaan dapat membentuk kelompok terdiri dari terminal pembukuan serta kelompok penjualan dll. Kelemahan: Jika simpul tertinggi tidak berfungsi maka kelompok dibawahnya juga tidak berfungsi. cara kerjanya topologi ini relatif lebih lambat.
  • Plex ---  Jaringan yang paling interaktif, dimana setiap simpul mempunyai kemampuan untuk mengakses secara langsung tidak hanya terhadap komputer tetapi juga terhadap peralatan atau node lain. Topologi ini mirip dengan start. Organisasi data menggunakan desentralisasi, sedang untuk melakukan perawatan mengunakan fasilitas sentralisasi.



Komponen Jaringan
  • NIC (Network Interface Card) merupakan Card penghubung PC dengan jaringan, sehingga memungkinkan komputer anda untuk terkoneksi ke sebuah jaringan komputer. Bentuk yang paling umum dari NIC adalah ethernet – metode yang sangat cepat dalam mentranfer data antara komputer. NIC memungkinkan sebuah komputer untuk memberi dan mengambil informasi dari komputer lain yang ada di jaringan yang sama – dapat berupa Internet atau pun Local Area Network (LAN). LAN merupakan jaringan tertutup yang terhubung melalui beberapa NIC dan hub, yang biasanya tidak terhubung ke dunia luar atau Internet. Pada NIC ini, juga dilengkapi dengan memori, serta prosesor khusus untuk pengolahan data dalam proses tranfer data, sehingga tidak membebani CPU dala proses tersebut. Adapter ini menggunakan slot 16 bit (slot ISA) serta 32bit (slot PCI)untuk tranfer data.
  • Network Media sebagai pembawa pesan jaringan, menghubungkan mesin-mesin, dan tiga jenis media yaitu Kabel Metallic (Twisted & coaxial), Fiber optic, dan Wireless (cahaya & frekuensi).
  • NOS (Network Operating System) merupakan sebuah operating sistem yang digunakan untuk mengoperasikan radio paket. Sistem operasi ini bukan sepenuhnya ‘sistem operasi’ karena NOS masih membutuhkan DOS untuk memboot komputer.


Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer

0 komentar:

Posting Komentar